• Jenis-jenis menu
- Single menu (menu tunggal)
Menu biner (binary menus)
Anda butuh bantuan informasi (Y/N)?
Selama Anda bermain, Anda dapat ketikkan ? untuk mendapat panduan singkat untuk bermain atau ?? untuk mendapat petunjuk lebih lengkap. Pastikan menekan tombol ENTER setelah mengetikkan perintah.
Mnemonic letters
Photo akan ditampilkan berdasarkan
H Hitam dan Putih
W Warna
Pilih huruf pilihan Anda
Button choices
- Multiple-item menus
Siapakah penemu pesawat telepon ?
a) Thomas Edison
b) Alexander Graham Bell
c) Lee De Forest
d) George Westinghouse
Tekan / sentuh pilihan Anda.
Drive A tidak terbaca ?
Abort, Retry, Ignore, Fail ?
- Radio buttons
- Extended menus
Pull – down and pop – up menus
- Menu tetap (permanent menus) : iconics menus, toolbars or pallets
- Multiple – selection menus (check boxes)
- Linear sequences and multiple menus (urutan linear dan menu ganda)
Memandu pemakai melalui serangkaian pilihan dengan urutan yang sama
Menstrukturisasi proses pengambilan keputusan
Contoh :
Linear menu : wizard
Multiple menu : kotak dialog yang mengandung seperangkat menu – menu yang tidak tergantung satu sama lain
44
- Menu pohon (menu tree)
Depth : jumlah level
Breadth : jumlah pilihan per level
- Pengelompokan semantik
Kelompokkan item yang serupa secara logis
Kelompokkan item yang melingkupi segala kemungkinan
Pastikan item tidak saling menindih
Gunakan peristilahan yang dikenal
- Acyclic dan cyclic menu networks (jaringan menu asiklik dan siklik)
Berguna untuk :
Hubungan sosial
Rute transportasi
Referensi jurnal ilmiah
• Bergerak pada menu dengan cepat
- Menu dengan typeahead
Pemakai tidak perlu menunggu menu ditampilkan sebelum memilih menu, tetapi dapat langsung mengetikkan serangkaian karakter dari menu utama
Penting jika menu sudah dikenal dan waktu respon atau kecepatan tampil lambat
Pendekatan BLT (bacon, lettuce, and tomato sandwich)
Menu yang terdiri dari pilihan-pilihan yang dipilih dengan satu karakter dengan typeahead yang memungkinkan karakter-karakter tersebut digabung menjadi mnemonik
- Nama menu untuk akses langsung
Skema penamaan yang memungkinkan pemakai mengakses halaman secara langsung
Contoh : JUMP pada Prodigy
Berguna hanya jika ada sedikit kemungkinan tujuan yang perlu diingat pemakai.
Diperbaiki dengan Bookmark atau Favourites pada web browser
- Menu macros
Merekam jalur menu yang sering digunakan sebagai perintah buatan sendiri
45
• Pedoman perancangan menu
- Gunakan tasc semantic dalam organisasi menu
- Lebih baik luas dan dangkal daripada sempit dan dalam
- Tunjukkan posisi dengan gambar, angka, atau judul
- Gunakan nama item sebagai judul pada tree
- Gunakan pengelompokkan item yang berarti
- Tampilkan item dengan singkat, mulai dengan keyword
- Gunakan tatabahasa, layout, dan peristilahan yang konsisten
- Sediakan typeahead, jumpahead, dan shortcut lainnya
- Sediakan lompatan ke menu sebelumnya dan menu utama
- Perhatikan petunjuk online, mekanisme pilihan ”baru”, waktu respons, kecepatan tampil, dan ukuran layar.
• Pedoman perancangan formulir
- Gunakan judul yang berarti
Identifikasi topik dan jauhi istilah komputer
- Gunakan petunjuk yang dapat dipahami
Jelaskan task dengan singkat dan jika perlu sediakan layar petunjuk
Gambarkan aksi yang harus dilakukan
Hindari kata ganti atau referensi ke pemakai
”Type the address” bukan ”Enter the address”
- Kelompokkan dan urutkan field secara logis
Field yang berhubungan harus berdekatan
Pemisah antara kelompok harus jelas
Urutan wajar (kota, propinsi, kode pos)
- Layout formulir harus menarik secara visual
Field jangan dikumpulkan di satu tempat
Perhatikan alignment
Formulir di layar harus menyerupai di kertas
- Gunakan label field yang dikenal pemakai
Gunakan istilah umum, contoh : alamat lebih umum daripada domisili
- Gunakan peristilahan dan singkatan yang konsisten
Daftarkan istilah dan singkatan yang dapat diterima
Pergunakan daftar tersebut dan tambahkan isinya jika sudah dipertimbangkan baik-baik
- Ruang kosong dan batas field yang perlu diisi data harus jelas terlihat
Berikan tanda jumlah karakter yang dapat diisi
- Kursor harus dapat digerakkan dengan leluasa
Perhatikan penggunaan tombol Tab dan anak panah
- Memungkinkan koreksi kesalahan untuk karakter atau field
Backspace, delete, overtyping
- Tampilkan pesan kesalahan untuk nilai yang tak dapat diterima
Tampilkan nilai-nilai yang boleh diisikan
- Tandai field optional dengan jelas
Tandai dengan ”optional” atau lainnya
- Jika memungkinkan, tampilkan pesan yang menjelaskan
Berikan informasi mengenai field atau isinya
- Sediakan tanda selesai
Pemakai harus diberitahu bahwa pengisian selesai
Hindari penyelesaian otomatis