Rabu, 14 April 2010

PEMILIHAN MENU DAN PENGISIAN FORMULIR

• Jenis-jenis menu
- Single menu (menu tunggal)
􀂃 Menu biner (binary menus)
􀂾 Anda butuh bantuan informasi (Y/N)?
􀂾 Selama Anda bermain, Anda dapat ketikkan ? untuk mendapat panduan singkat untuk bermain atau ?? untuk mendapat petunjuk lebih lengkap. Pastikan menekan tombol ENTER setelah mengetikkan perintah.
􀂃 Mnemonic letters
􀂾 Photo akan ditampilkan berdasarkan
H 􀃆 Hitam dan Putih
W􀃆 Warna
Pilih huruf pilihan Anda

􀂃 Button choices

- Multiple-item menus
􀂃 Siapakah penemu pesawat telepon ?
a) Thomas Edison
b) Alexander Graham Bell
c) Lee De Forest
d) George Westinghouse
Tekan / sentuh pilihan Anda.
􀂃 Drive A tidak terbaca ?
Abort, Retry, Ignore, Fail ?
- Radio buttons
- Extended menus

Pull – down and pop – up menus
- Menu tetap (permanent menus) : iconics menus, toolbars or pallets
- Multiple – selection menus (check boxes)
- Linear sequences and multiple menus (urutan linear dan menu ganda)
􀂃 Memandu pemakai melalui serangkaian pilihan dengan urutan yang sama
􀂃 Menstrukturisasi proses pengambilan keputusan
Contoh :
􀂾 Linear menu : wizard
􀂾 Multiple menu : kotak dialog yang mengandung seperangkat menu – menu yang tidak tergantung satu sama lain
44
- Menu pohon (menu tree)
Depth : jumlah level
Breadth : jumlah pilihan per level
- Pengelompokan semantik
􀂃 Kelompokkan item yang serupa secara logis
􀂃 Kelompokkan item yang melingkupi segala kemungkinan
􀂃 Pastikan item tidak saling menindih
􀂃 Gunakan peristilahan yang dikenal
- Acyclic dan cyclic menu networks (jaringan menu asiklik dan siklik)
Berguna untuk :
􀂃 Hubungan sosial
􀂃 Rute transportasi
􀂃 Referensi jurnal ilmiah
• Bergerak pada menu dengan cepat
- Menu dengan typeahead
􀂃 Pemakai tidak perlu menunggu menu ditampilkan sebelum memilih menu, tetapi dapat langsung mengetikkan serangkaian karakter dari menu utama
􀂃 Penting jika menu sudah dikenal dan waktu respon atau kecepatan tampil lambat
􀂃 Pendekatan BLT (bacon, lettuce, and tomato sandwich)
Menu yang terdiri dari pilihan-pilihan yang dipilih dengan satu karakter dengan typeahead yang memungkinkan karakter-karakter tersebut digabung menjadi mnemonik
- Nama menu untuk akses langsung
􀂃 Skema penamaan yang memungkinkan pemakai mengakses halaman secara langsung
Contoh : JUMP pada Prodigy
􀂃 Berguna hanya jika ada sedikit kemungkinan tujuan yang perlu diingat pemakai.
􀂃 Diperbaiki dengan Bookmark atau Favourites pada web browser
- Menu macros
Merekam jalur menu yang sering digunakan sebagai perintah buatan sendiri
45
• Pedoman perancangan menu
- Gunakan tasc semantic dalam organisasi menu
- Lebih baik luas dan dangkal daripada sempit dan dalam
- Tunjukkan posisi dengan gambar, angka, atau judul
- Gunakan nama item sebagai judul pada tree
- Gunakan pengelompokkan item yang berarti
- Tampilkan item dengan singkat, mulai dengan keyword
- Gunakan tatabahasa, layout, dan peristilahan yang konsisten
- Sediakan typeahead, jumpahead, dan shortcut lainnya
- Sediakan lompatan ke menu sebelumnya dan menu utama
- Perhatikan petunjuk online, mekanisme pilihan ”baru”, waktu respons, kecepatan tampil, dan ukuran layar.
• Pedoman perancangan formulir
- Gunakan judul yang berarti
Identifikasi topik dan jauhi istilah komputer
- Gunakan petunjuk yang dapat dipahami
􀂃 Jelaskan task dengan singkat dan jika perlu sediakan layar petunjuk
􀂃 Gambarkan aksi yang harus dilakukan
􀂃 Hindari kata ganti atau referensi ke pemakai
􀂃 ”Type the address” bukan ”Enter the address”
- Kelompokkan dan urutkan field secara logis
􀂃 Field yang berhubungan harus berdekatan
􀂃 Pemisah antara kelompok harus jelas
􀂃 Urutan wajar (kota, propinsi, kode pos)
- Layout formulir harus menarik secara visual
􀂃 Field jangan dikumpulkan di satu tempat
􀂃 Perhatikan alignment
􀂃 Formulir di layar harus menyerupai di kertas
- Gunakan label field yang dikenal pemakai
Gunakan istilah umum, contoh : alamat lebih umum daripada domisili
- Gunakan peristilahan dan singkatan yang konsisten
􀂃 Daftarkan istilah dan singkatan yang dapat diterima
􀂃 Pergunakan daftar tersebut dan tambahkan isinya jika sudah dipertimbangkan baik-baik
- Ruang kosong dan batas field yang perlu diisi data harus jelas terlihat
Berikan tanda jumlah karakter yang dapat diisi
- Kursor harus dapat digerakkan dengan leluasa
Perhatikan penggunaan tombol Tab dan anak panah
- Memungkinkan koreksi kesalahan untuk karakter atau field
Backspace, delete, overtyping
- Tampilkan pesan kesalahan untuk nilai yang tak dapat diterima
Tampilkan nilai-nilai yang boleh diisikan
- Tandai field optional dengan jelas
Tandai dengan ”optional” atau lainnya
- Jika memungkinkan, tampilkan pesan yang menjelaskan
Berikan informasi mengenai field atau isinya
- Sediakan tanda selesai
􀂃 Pemakai harus diberitahu bahwa pengisian selesai
􀂃 Hindari penyelesaian otomatis