Rabu, 14 April 2010

[lanjutan] io 2

BERPIKIR : PERTIMBANGAN DAN PENYELESAIAN MASALAH
pertimbangan deduktif induktif

penyelesaikan masalah
Proses menemukan solusi terhadap suatu masalah menggunakan pengetahuan
Beberapa teori :
- Gestalt
􀂃 Penyelesaian masalah baik kegiatan produktif dan reproduktif
􀂃 Pemecahan masalah produktif bergantung pada kedalaman dan penyusunan kembali masalah
􀂃 Menarik namun tidak cukup bukti untuk menjelaskan
􀂃 berpindah dari behavioralism (paham perilaku) dan mengarah pada teori-teori pemrosesan informasi
- Teori Ruang Permasalahan (problem space)
􀂃 Ruang permasalahan terdiri dari bagian/keadaan (states) permasalahan
􀂃 Penyelesaian masalah dihasilkan dari pernyataan yang menggunakan operator resmi
􀂃 Heuristic dapat digunakan untuk memilih operator, sebagai contoh : means-ends analysis
􀂃 Beroperasi dalam sistem pemrosesan informasi manusia, contoh : batasan memori jangka pendek, dll
􀂃 banyak diaplikasikan untuk menyelesaikan masalah dalam area yang sudah dikenal/dalam batas-batas yang jelas, contoh : puzzle
- Analogi
􀂃 Menyelesaikan masalah menggunakan pengalaman terhadap suatu masalah yang diterapkan ke dalam masalah baru yang mirip 􀃆 pemetaan analogi
􀂃 Pemetaan analogi mungkin sulit jika sumber masalahnya jauh berbeda

AKUISISI KETRAMPILAN
• Aktifitas berketrampilan dicirikan oleh :
- Penggumpalan (chunking) : banyak informasi digumpalkan untuk mengoptimasi memori jangka pendek
- Pengelompokan masalah secara konseptual daripada secara dangkal/luaran (superficial) dan informasi disusun secara lebih efektif
• 3 tingkat ketrampilan
- menggunakan rule-rule untuk tujuan umum (general purpose rules) untuk menginterpretasikan fakta- fakta suatu masalah 􀃆 pengetahuan intensif
- rule-rule dengan tugas khusus (spesific task rules) juga dipelajari,bergantung pada prosedur-prosedur yang telah diketahui
- rule-rule yang disetel dengan baik (fine-tuned) 􀃆 skilled behavior (perilaku terampil)
• Mekanisme untuk berpindah
- Prosedural : level 1 ke level 2
- Generalisasi : level 2 ke level 3
Proseduralisasi
􀂃 Level 1
IF memasak [jenis masakan, bahan, waktu]
THEN
lama memasak : waktu
memasak[gorengan, [ayam, wortel, kentang] 2 jam]
memasak[gorengan,[daging,wortel] 2 jam]
memasak[kue,[tepung,gula,mentega,telur] 45 menit]
15
􀂃 Level 2
IF jenis masakan adalah gorengan
AND bahan[ayam,wortel,kentang]
THEN
lama memasak : 2 jam
IF jenis masakan adalah kue
AND bahannya adalah [tepung,gula,mentega,telur]
THEN
lama memasak : 45 menit
Generalisasi
􀂃 Level 2
IF jenis masakan gorengan
AND bahannya [ayam,wortel,kentang]
THEN
lama memasak : 2 jam
IF jenis masakan gorengan AND bahannya [daging, wortel]
THEN
lama memasak : 2 jam
􀂃 Level 3
IF jenis masakan gorengan
AND bahannya APASAJA
THEN
lama memasak : 2 jam